LaTeX

Apa itu LaTeX?

LaTeX (diucapkan baik “Lah-tech” atau “Lay-tech”) adalah paket makro berdasarkan TeX diciptakan oleh Leslie Lamport. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan typesetting TeX, terutama untuk dokumen yang berisi rumus-rumus matematika.

Kemudian penulis yang telah berkontribusi ekstensi, disebut paket atau gaya, untuk LaTeX. Beberapa yang digabungkan dengan sebagian TeX / LaTeX distribusi perangkat lunak; lebih lanjut dapat ditemukan di Arsip TeX Komprehensif Jaringan (CTAN).

Sejak LaTeX terdiri dari sekelompok TeX perintah, pengolahan dokumen LaTeX pada dasarnya pemrograman. Anda membuat file teks dalam LaTeX markup, yang berbunyi LaTeX untuk menghasilkan dokumen final.

Pendekatan ini memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan) program seperti Openoffice.org Penulis atau Microsoft Word.

Dalam LaTeX:

Anda tidak (biasanya) melihat versi terakhir dari dokumen ketika menyuntingnya.
Biasanya Anda perlu tahu perintah yang diperlukan untuk LaTeX markup.
Kadang-kadang bisa sulit untuk mendapatkan tampilan tertentu untuk dokumen.
Di sisi lain, ada keuntungan tertentu untuk pendekatan LaTeX:

Dokumen sumber dapat dibaca dengan editor teks apapun dan dipahami, tidak seperti biner kompleks dan XML format yang digunakan dengan program WYSIWYG.
Anda dapat berkonsentrasi murni pada struktur dan isi dokumen, tidak terjebak dengan masalah tata letak dangkal.
Anda tidak perlu secara manual menyesuaikan font, ukuran teks, ketinggian garis, atau aliran teks untuk dibaca, seperti LaTeX mengurus secara otomatis.
Dalam struktur dokumen LaTeX dapat dilihat oleh pengguna, dan dapat dengan mudah disalin ke dokumen lain. Dalam aplikasi WYSIWYG seringkali tidak jelas bagaimana format tertentu diproduksi, dan mungkin akan mustahil untuk menyalin secara langsung untuk digunakan dalam dokumen lain.
Tata letak, font, tabel dan sebagainya konsisten di seluruh dokumen.
Rumus matematika dapat dengan mudah mengeset.
Indeks, catatan kaki, kutipan dan referensi yang dihasilkan dengan mudah.
Karena sumber dokumen teks biasa, tabel, gambar, persamaan, dll dapat dihasilkan pemrograman dengan bahasa apapun.
Anda dipaksa untuk struktur dokumen Anda dengan benar.
Pendekatan LaTeX-seperti bisa disebut WYSIWYM, yaitu Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda maksud: Anda tidak dapat melihat apa versi final akan terlihat seperti saat mengetik. Sebaliknya Anda melihat struktur logis dari dokumen. LaTeX menangani format untuk Anda.

Dokumen LaTeX adalah file teks biasa yang berisi isi dari dokumen, dengan markup tambahan. Ketika file sumber diproses oleh paket makro, dapat menghasilkan dokumen dalam beberapa format. LaTeX mendukung secara native DVI dan PDF, tetapi dengan menggunakan perangkat lunak lain Anda dapat dengan mudah membuat PostScript, PNG, JPEG, dll

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s